![]() |
Pertama, tentukanlah jenis bisnis yang akan Anda geluti. Anda tidak
perlu untuk menciptakan sebuah inovasi yang belum pernah ada sepanjang
sejarah. Cara termudah adalah mengamati bisnis yang sudah dilakukan
orang lain. Pelajari sebab-sebab mereka gagal atau sukses. Beberapa
orang yang kreatif mencoba mengamati kelemahan dalam bisnis yang sudah
berjalan dan mencoba mencari cara untuk melakukan bisnis yang sama
dengan cara yang lebih baik.
Lalu, siapkan rencana bisnis sederhana. Rencanakan apa yang ada
targetkan, berapa banyak Anda akan biaya dan apa yang akan Anda lakukan
untuk mewujudkannya. Proses berpikir ini akan semakin meningkat sesuai
dengan kemajuan bisnis Anda di kemudian hari.
Pilih target pelanggan yang tepat. Bila Anda tepat dalam menentukan
konsumen yang ditargetkan, Anda akan lebih fokus ketika Anda mulai
berusaha untuk menjangkau pasar. Untuk mengetahui siapa sasaran konsumen
dari produk Anda, lakukan sedikit riset. Dari riset itu akan diketahui:
Apa, siapa dan bagaimana produk Anda bisa mendapatkan tempat terbaik
sesuai kebutuhan konsumen terhadap produk Anda. Untuk memperkuat hasil
riset, Anda bisa meminta arahan yang tepat dari orang-orang yang
sebelumnya sudah bergelut dalam usaha yang sama.
Setelah itu, tawarkan harga yang tepat. Bersaing dalam harga adalah
solusi yang seringkali salah. Pelayanan yang baik dan lengkap akan lebih
menyenangkan bagi konsumen. Harga yang Anda tetapkan untuk suatu produk
seharusnya tidak hanya menutupi biaya, tapi juga harus menghasilkan
keuntungan untuk bisnis Anda. Tentukan jawaban atas berapa banyak produk
yang harus Anda jual atau berapa banyak konsumen yang akan membeli
produk Anda. Tentukan target angka yang sesuai untuk menjawab pertanyaan
tersebut.
Kondisi tak terduga selalu menjadi ancaman yang menakutkan bagi sebagian
besar pebisnis. Karena itu, siapkan segala sesuatu untuk menghadapinya,
misalnya dana yang tersimpan aman dan hanya digunakan dalam kondisi
mendesak dan orang-orang yang akan membantu Anda ketika masalah datang.