PERTANYAAN :
Istiq Laily
Assalamualaikum
Sy
mau nanyak ustadz tau ustadah Kalok misalx lupa Tahyad yg pertama tu
kita kan harus sujud syahwi, lalu Kita lupa lagi untk sujud syahwi.
Terus bgaiman apa yg harus kita kerjakan kalok lupa sujud syahwi??
Mohon Jawabanx
JAWABAN :
> Muhib Salaf Soleh
Wa alaikum salaam
lupa mengerjakan sujud sahwi.
menurut :
1. imam abu hanifah :
a.
tidak sujud sahwi jika pada salamnya dia berniat memutus solatnya
(berarti dia sengaja)serta dia telah berpaling dari kiblat atau
berbicara atau dia telah keluar dari masjid.
b .jika dia
salam nya dalam keadaan benar benar lupa untuk sujud sahwi maka boleh
bagi dia sujud sahwi selama dia berada di masjid ini jika dia solat di
masjid karena masjid adalah satu kesatuan karena itu lah sah berma'mum
walaupun diantara imam dan ma'mum ada jarak.
2. imam malik.
mereka membagi sujud sahwi menjadi 2 , sebelum salam dan setelah salam.
sujud sahwi sebelum salam jika ada kekurangan dalam hal solatnya seperti tidak melakukan tasyahud awal .
dan jika ada kelebihan maka di kerjakan setelah salam seperti lupa akan bilangan rokaat .
nah
jika berkaitan dg sujud sahwi yg setelah salam maka kapanpun dia boleh
melaksanakannya baik dia meninggalkan sujud sahwinya karena lupa atau
pun sengaja karena maksudnya adalan menghinakan syaiton.
adapun
jika berkaitan dg sujud sahwi yg sebelum salam maka jika dia lupa sujud
sahwi nya boleh bagi dia mengerjakannya setelah salam selama dia berada
di dalam masjid dan tidak ada waktu pemisah yg lama.
3.imam syafii.
jika
dia lupa sujud sahwi lalu dia salam maka boleh bagi dia mengerjakan
sujud sahwi setelah salam dg syarat tidak adanya waktu pemisah yg lama
antar salamnya dia dg sujud sahwinya dia yg akan di kerjakan setelah
salam.
maka jika dia telah salam lalu dia baru ingat bahwa
dia akan sujud sahwi tadi ketika dia solat padahal waktu nya sudah agak
lama , maka tidak sunnah dia mengerjakan sujud sahwi karena menurut
madzhab jadid sujud sahwi itu terlewatkan kesunahannya jika dia telah
salam dan bisa di lakukan kembali setelah salam dg syarat tidak lama
waktu pemisah antara salam dia dg sujud sahwi yg akan dia kerjakan.
4. imam ahmad.
seandainya
dia lupa untuk sujud sahwi maka baik sujud sahwi yg berkaitan sebelum
dan setelah salam ( sama seperti madzhab imam malik yg membagi sujud
sahwi menjadi dua)maka dia boleh mengerjakannya setelah salam walaupun
dia telah berbicara asalkan :a.harus segera (tidak lama waktu
pemisahnya) ataub.batal wudhunya.c.keluar dari masjid
nah ,
jika salah satu dari tiga hal tsb telah mengenainya maka jika dia akan
sujud sahwi harus mengulang solatnya karena sujud sahwi merupakan satu
kesatuan dalam solat maka tidak boleh di kerjakan oleh orang yg batal
wudhunya dll.
الموسوعة الفقهية الكويتية ج ٢٤ ص ٢٤٠.
نسيان سُجُودِ السَّهْوِ:
إِذَا
سَهَا الْمُصَلِّي عَنْ سُجُودِ السَّهْوِ فَانْصَرَفَ مِنَ الصَّلاَةِ
دُونَ سُجُودٍ فَإِنَّهُ يَعُودُ إِلَيْهِ وَيُؤَدِّيهِ عَلَى التَّفْصِيل
التَّالِي:
فَذَهَبَ الْحَنَفِيَّةُ
إِلَى أَنَّهُ لاَ يَسْجُدُ إِنْ سَلَّمَ بِنِيَّةِ الْقَطْعِ مَعَ
التَّحَوُّل عَنِ الْقِبْلَةِ أَوِ الْكَلاَمِ أَوِ الْخُرُوجِ مِنَ
الْمَسْجِدِ، لَكِنْ إِنْ سَلَّمَ نَاسِيًا السَّهْوَ سَجَدَ مَا دَامَ فِي
الْمَسْجِدِ؛ لأَِنَّ الْمَسْجِدَ فِي حُكْمِ مَكَانٍ وَاحِدٍ، وَلِذَا
صَحَّ الاِقْتِدَاءُ فِيهِ وَإِنْ كَانَ بَيْنَهُمَا فُرْجَةٌ، وَأَمَّا
إِذَا كَانَ فِي الصَّحْرَاءِ فَإِنْ تَذَكَّرَ قَبْل أَنْ يُجَاوِزَ
الصُّفُوفَ مِنْ خَلْفِهِ أَوْ يَمِينِهِ أَوْ يَسَارِهِ أَوْ يَتَقَدَّمَ
عَلَى مَوْضِعِ سُتْرَتِهِ أَوْ سُجُودِهِ سَجَدَ لِلسَّهْوِ.
وَأَمَّا
الْمَالِكِيَّةُ: فَقَدْ فَرَّقُوا بَيْنَ السُّجُودِ الْقَبْلِيِّ
وَالْبَعْدِيِّ، فَإِنْ تَرَكَ السُّجُودَ الْبَعْدِيَّ يَقْضِيهِ مَتَى
ذَكَرَهُ، وَلَوْ بَعْدَ سِنِينَ، وَلاَ يَسْقُطُ بِطُول الزَّمَانِ
سَوَاءٌ تَرَكَهُ عَمْدًا أَوْ نِسْيَانًا؛ لأَِنَّ الْمَقْصُودَ
(تَرْغِيمُ الشَّيْطَانِ) كَمَا فِي الْحَدِيثِ. وَأَمَّا السُّجُودُ
الْقَبْلِيُّ فَإِنَّهُمْ قَيَّدُوهُ بِعَدَمِ خُرُوجِهِ مِنَ الْمَسْجِدِ
وَلَمْ يَطُل الزَّمَانُ، وَهُوَ فِي مَكَانِهِ أَوْ قُرْبِهِ.
وَقَال
الشَّافِعِيَّةُ: إِنْ سَلَّمَ سَهْوًا أَوْ طَال الْفَصْل بِحَسَبِ
الْعُرْفِ فَإِنَّ سُجُودَ السَّهْوِ يَسْقُطُ عَلَى الْمَذْهَبِ
الْجَدِيدِ لِفَوَاتِ الْمَحَل بِالسَّلاَمِ وَتَعَذُّرِ الْبِنَاءِ
بِالطُّول.
وَذَهَبَ الْحَنَابِلَةُ
إِلَى أَنَّهُ إِنْ نَسِيَ سُجُودَ السَّهْو الَّذِي قَبْل السَّلاَمِ
أَوْ بَعْدَهُ أَتَى بِهِ وَلَوْ تَكَلَّمَ، إِلاَّ بِطُول الْفَصْل
(وَيُرْجَعُ فِيهِ إِلَى الْعَادَةِ وَالْعُرْفِ مِنْ غَيْرِ تَقْدِيرٍ
بِمُدَّةٍ) أَوْ بِانْتِقَاضِ الْوُضُوءِ، أَوْ بِالْخُرُوجِ مِنَ
الْمَسْجِدِ، فَإِنْ حَصَل شَيْءٌ مِنْ ذَلِكَ اسْتَأْنَفَ الصَّلاَةَ،
لأَِنَّهَا صَلاَةٌ وَاحِدَةٌ لَمْ يَجُزْ بِنَاءُ بَعْضِهَا عَلَى بَعْضٍ
مَعَ طُول الْفَصْل، كَمَا لَوِ انْتَقَضَ وُضُوءَهُ .
و الله أعلم.
wallohu a'lam bis showab (NN)