Tambhakan Iklan

Tambhakan Iklan
kerma | kerma31.blogspot.com | Pasang Iklan
Latest News
21 September 2015

Inilah 9 Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Kamu Ingin Menikah

Inilah 9 Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Kamu Ingin Menikah
Inilah 9 Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Kamu Ingin Menikah

KERMA ~ Menikah adalah sesuatu yang sakral bagi tiap Insan. Memiliki pernikahan yang sakinah, mawaddah, dan wa rahmah merupakan impian bagi tiap pasangan yang telah menikah. Namun tahukah kamu bagaimana cara mendapatkan pernikahan yang harmonis dan langgeng sampai akhir hayat nanti?

Nah ada pepatah yang bilang Ilmu itu mendahului amal. Maka dari itu sebelum kita melakukan sesuatu ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang akan kita lakukan, termasuk Melansungkan Pernikahan salah satunya. Agar kamu bisa mendapatkan pernikahan yang ideal dan bertahan lama sebaiknya pahami terlebih dahulu 13 Persiapan yang harus dilakukan ketika ingin menikah. Penasarankan apa aja sih 13 langkah yang harus dipersipakan nanti, berikut listnya:

1. Niat yang lurus
Mungkin untuk sebagian orang, niat hanyalah lintasan pikiran sesaat sebelum melaksanakan sesuatu. Namun ternyata niat yang kuat juga bisa menjadi kekuatan sendiri yang bisa memotivasi seseorang. Bagi seorang pria, niat yang kuat untuk menikah dapat membantu ia untuk lebih giat bekerja karena setelah menikah ia akan mempunyai tanggung jawab lebih terhadap pasangan dan anak-anaknya kelak. Dan tentu saja, karena menikah adalah ibadah maka sudah semestinya benar-benar diniatkan untuk mencari Ridho Allah SWT.

2. Persiapan Mental
Yang dimaksud disini adalah mental untuk hidup bersama. Hidup sendiri dengan hidup berdua sangat berbeda. Kebebasan anda akan terbatasi, tidak seperti dulu menggunakan gaji sesuka hati tanpa kontrol dari orang lain. Belajarlah untuk mengerti dan menghargai, saling berbagi dan mengisi serta belajarlah untuk bertoleransi.

3. Persiapan Ilmu
Segala sesuatu ada ilmunya. Kewajiban antara suami dan istri, cara mempergauli istri yang baik menurut agama dan cara mengatur keuangan adalah beberapa contoh ilmu yang harus anda pahami sebelum menikah. Jangan sampai karena ketidaktahuan anda menyebabkan timbulnya masalah di pernikahan anda. Dari sekarang banyaklah membaca, terutama terkait dengan bagaimana membangun hubungan suami istri yang harmonis.

4. Persiapkan Bulan Madu
Bulan madu bukan tentang jalan-jalan setelah menikah. Tetapi bulan madu adalah tentang keber-dua-an pasangan yang baru menikah. Keber-dua-an ini sangat penting agar satu sama lain bisa mengungkapkan harapan serta visinya yang ingin dicapai dalam hidup berumah tangga.

5. Persiapan Fisik
Pengkondisian fisik agar senantiasa sehat dan prima adalah hal yang penting menjelang pernikahan. Hak dan Kewajiban masing-masing akan dapat dipenuhi dengan baik dengan kondisi fisik yang sehat. Deteksi dan kenalilah faktor resiko yang ada pada masing-masing pasangan, terutama yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi. Jika ada maslah, segera konsultasikan kepada dokter ahli atau spesialis agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

6. Persiapkan Harta dan Cara mengelolanya
Yang dimaksud persiapan harta disini bukan mengajarkan anda untuk bertindak materialistis, tapi lebih kepada hal yang berkaitan dengan tanggung jawab suami berupa nafkah kepada istri dan anak-anak nya kelak. Bagaimana kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi serta hidup dalam ukuran layak (tidak kekurangan) adalah contoh hal-hal yang perlu dipersiapkan.

7. Persiapan Sosial
Pernikahan bukan hanya menyatukan dua insan, tetapi lebih luas lagi bersatunya dua keluarga besar, yang tidak jarang memiliki latar belakang budaya yang berbeda. Hal ini patut dijadikan perhatian khusus, bagaimana suami istri bisa memahami dan menyesuaikan kultur dan kebiasaan-kebiasaan yang ada di keluarga masing-masing. Jangan sampai penerimaan dari masing-masing keluarga
menjadi penghambat dalam membangun keluarga yang harmonis.

8. Persiapan Hidup Bermasyarakat
Mau tidak mau, anda sebagai pasangan suami istri akan dianggap sebagai entitas keluarga baru di lingkungan tempat anda tinggal, walaupun bisa jadi anda masih tinggal bersama di rumah orang tua. Belajarlah untuk bergaul dan mengenal tetangga terdekat anda, agar terbiasa jika anda menempati lingkungan baru suatu saat nanti. Hal ini akan sangat membantu jika suatu saat anda berurusan dengan mereka atau bahkan jika anda membutuhkan bantuan mereka. Ingat, tetangga terdekat adalah orang pertama yang akan menolong anda jika suatu saat anda mengalami musibah. Dan yang tak kalah penting kehidupan yang harmonis dalam bertetangga akan sangatembantu mewujudkan cita-cita pernikahan anda.

9. Persiapan Teknis Pernikahan
Akad nikah adalah momen yang sangat berharga dimana anda akan memulai kehidupan yang baru bersama pasangan anda. Oleh karena itu, kelancaran serta keberkahan acara akad pernikahan anda harus dipersiapkan dengan baik. Bentuklah panitia sesuai kebutuhan. Jika acara akad pernikahan anda diikuti oleh acara resepsi pernikahan, maka persiapan akan lebih kompleks. Delelegasikan seluruh tugas teknis tersebut sejak dini agar tidak membebani pikiran anda. Anda hanya perlu memberikan gambaran umum seperti apa bentuk acara akad dan resepsi pernikahan yang anda inginkan, selanjutnya percayakanlah kepada keluarga, teman atau pihak ketiga yang anda tunjuk.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah 9 Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Kamu Ingin Menikah Rating: 5 Reviewed By: Unknown